CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

9/03/2008

KERJA PINTAR

ada seorang guru dan 2 orang murid nya yang sangat setia..pada suatu hari sang guru ingin memberikan tampuk kepemimpinannya pada salah satu dari muridnya tersebut..
maka di suruhlah kedua orang muridnya itu namun dia harus memberikannya pada orang yang tepat,pada malam yang sudah ditentukan dipanggilah kedua orang muridnya untuk mencari kayu bakar sebanyak-banyaknya pagi hari nanti yang jamnya ditentukan yaitu sampai jam 4 sore,siapa yang dapat kayu bakar paling banyak dialah yang akan memimpin perguruan tersebut.
maka setelah selesai pertemuan tersebut..kedua murid itu pergi kekamar mereka masing-masing.
murid I= langsung tertidur..dia berpikir saya akan bangun pagi2 lebih pagi dari murid II,agar saya bisa mencari kayu bakar sebanyak-banyaknya dan lebih cepat pulang kepadepokan dibanding murid II.
namun berbeda dengan murid II dia malah tidak bisa tidur dia berfikir keras bagaimana caranya agar bisa mendapatkan kayu bakar sebanyak-banyaknya esok hari,lalu setelah bepikir keras akhirnya dia mengasah goloknya,menyiapkan tali dan pikulannya..sampai hari menjelang subuh,baru dia pergi untuk tidur.
pagi-pagi buta murid I terbangun mengambil golok dan tali lalu pergi kehutan untuk mencari kayu bakar,sedang murid II bangun telat dia terbangun saat matahari sudah menunjukan sinarnya..kemudian pergi kehutan.
menjelang sore murid I sudah selesai mengumpulkan kayu bakar dalam jumlah yang banyak,sampai dia tidak kuat untuk membawanya..akhirnya ada sebagian yang ditinggal dan diapun pulang menuju ke padepokan.
karena sudah sore murid II pun beranjak pulang dengan membawa kayu bakar pula namun dia bagi menjadi dua dikanan kirinya karena dia menggunakan pikulan,dan dia bisa mengumpulkan banyak kayu bakar dengan cepat karena semalam dia mengasah dulu goloknya.
teman-teman..pekerjaan yang terasa begitu mudah..memang sebaiknyalah dipersiapkan sematangnya,hal-hal yang paling kecil sekalipun harus sudah kita persiapkan,tak perduli kapan kita akan memulai yang pasti semua harus terpenuhi untuk kelancaran pekerjaan kita,agar kita bisa seperti murid II yang akhirnya memimpin perguruan tersebut.
salam..

5 comments:

elys welt said...

yup , bener sekali, aku sering belajar dr suamiku, yg suka merencanakan dan menyiapkan semuanya kalau mau punya sebuah rencana

Mufti AM said...

Kadang ada hal yang terlupa meskipun kecil kalau kita mempersiapkan diri secara mendadak. Persiapan sebelumnya memang jauh lebih baik daripada persiapan mendadak. Tentunya persiapan jadi matang dan terencana.

elys welt said...

belum ada postingan baru ya ? ^_^

Ndoro Seten said...

dengan rencana yang matang, kemungkinan kesalahan bisa diminimalisir....

tri said...

pelajaran yang menarik deh...
makasih kunjungannya ya, pak